Thursday, April 27, 2017

Selamat Tinggal Youtube Re-Upload ! Kebijakan Youtube Terbaru Untuk Konten Video Original

Akhirnya terjawab sudah mengapa pendapatan youtuber terjun bebas setiap bulannya, pengunjung meningkat tetapi tafsiran pendapatan tidak seperti biasanya, bahkan hanya mendapatkan 0,00. Dibalik semua itu perusahaan youtube membuat peraturan baru untuk mitra youtube.

Sejak 5 tahun yang lalu, Youtube membuka peluang kepada pemilik saluran untuk mendapatkan uang dari video yang diunggah dengan syarat dikaitkan ke adsense. Sejak saat itu creator saluran berbondong-bondong untuk membangun saluran video agar bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar dari Youtube. Platform video dengan sisipan iklan akhirnya meledak, pundi-pundi dollar mengalir deras setiap bulannya, walaupun menghalalkan segala cara !

Banyak channel abal-abal akhirnya menjadi bomerang terhadap pemilik saluran itu sendiri, tentunya juga menyebabkan masalah bagi platform Youtube. Semakin hari saluran baru bertambah dengan konten re-upload dari video saluran lain, entah itu dari label besar, berita televisi, live musik televisi lokal bahkan video creator kondangpun menjadi korban.

Untuk menanggulangi masalah ini, Youtube mengumumkan perubahan baru untuk mitra youtube yaitu saluran baru tidak bisa menghidupkan monetisasi jika salah satu video belum ada 10.000 pengunjung. YouTube percaya bahwa langkah ini akan memberi kesempatan kepada saluran baru untuk menguplaod video unik yang mengandung informasi dan hiburan agar bisa dipertanggung jawabkan.
“In a few weeks, we’ll also be adding a review process for new creators who apply to be in the YouTube Partner Program. After a creator hits 10k lifetime views on their channel, we’ll review their activity against our policies,” wrote Ariel Bardin, YouTube’s VP of product management ( source : http://www.theverge.com )
Menurut Ariel Bardin sebagai YouTube’s VP of product management, Youtube akan menambahkan proses yang berlaku bagi Youtube Partner Program setelah video mendapatkan 10 ribu pengunjung. Mereka akan meninjau aktifitas saluran sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Youtube. Jika semuanya berjalan dengan baik, Youtube akan membawa saluran yang dikira sudah layak kedalam Youtube Partner Program dan akan mendapatkan iklan sesuai dengan konten video yang diunggah. Pihak Youtube berharap akan membantu dan memastikan pendapatan mengalir kepada pemilik saluran sesuai dengan aturan yang berlaku.
source image from metop.co
Dengan kebijakan baru diatas, bisa dikatakan akan mengamankan saluran original untuk membangun konten youtube sesuai dengan bakat kreatifitasnya. Setiap saluran akan berkompetisi mendapatkan pengunjung organik untuk menikmati video yang diciptkannya, hasilnya akan mendapatkan imbalan dari jerih payah untuk membesarkan saluran tersebut. Berani re-Upload ? 100% akan ditangguhkan bahkan di hapus permanen !


EmoticonEmoticon