Tuesday, March 28, 2017

Peralatan Youtuber Untuk Membuat Video

Peralatan Youtuber ternyata mahal juga, buat ambil video , buat ambil gambar, ngedit video biar hasilnya profesional. Bisa dibayangkan sendiri untuk kamera action saja harus ngeluarin kocek sekitar 1 jutaan, itu sih yag sederhana. Untuk ngebeli camera action high end harus ngerogoh kocek sekitar 5 – 6 jutaan, itu baru camera belum kamera DLSR dan sebuar komputer untuk mengedit video.

Bagi youtubers profesional peralatan segitu langsung bisa kebeli, tapi bagi youtubers newbi pasti agak mlengak, nunggu cairan dari BRI dulu. Untuk  youtubers pemula bisa kog ditekan dari sisi biaya untuk ngebeli peralatan, gunakan smartphone yang sudah beresolusi record HD. Dari pada smartphone cuman buat ngelihat pendapatan adsense dan utak utik BBM sama pacar, gunakan sisi positifnya untuk mengambil video disekitar kita.

Dari video smartphone nanti tinggal diedit di software editing video seperti, Adobe Premiere, Sony Vegas, Catamsia, Filmora dan sofwtare editing lainnya. Dengan memaksimalkan mengolah video pasti bisa menghasilkan video yang tidak kalah dengan video hasil dari kamera mahal. Sesion pengambilan objek video juga jangan asal asalan, harus tenang dan terkordinasi dari sesion 1 sampai sesion berikutnya, nanti tinggal digabungkan di sofware editing video.


Untuk youtuber profesional jangan jangan ditanya lagi, peralatan pastinya highend semua. Untuk pengambilan objek harus menggunakan tripod gorillapod, dan monopod agar video tidak terombang ambing karena getaran tangan dan menghasilkan video yang tenang. Ketiga aksesori itu baru sebagian, belum lagi stabilizer, microphone dan aksesoris lainnya.

Untuk kamera sudah pasti memilki DSLR, kamera mirroless,action camera dan drone. Dengan kamera diamping tak ayal lagi akan menghasilkan objek yang yang memuaskan. DSLR bisa menghasilkan objek video yang menggemaskan ! objek bisa fokus sedangkan layar bisa ngeblur seperti video sinteron India Geet. Drone mengambil objek dari atas saat ngevlog di pantai, atau ngeliput acara langsung layaknya siaran televisi ternama.

Video mempunyai nilai seni tersendiri, video juga harus ada skenario agar penonton bisa menafsirkan dari video tersebtu, hal itulah yang bisa menjadikan saluran youtube berkembang. Untuk menjadi youtuber bukan berarti harus ngebeli peralatan mahal untuk memenuhi peralatannya. Untuk kedepanya peralatan itu termasuk juga investasi, jika niat bulat peralatan yang bagus juga menjadi faktor penting dan harus dimiliki.

4 komentar

Untuk aplikasi recomend apa ya gan? Tpi yg bkn bjkn

ouwh,,,.gitu yah mas...pengenn lahh jadi youtuber nihh....

untuk kejar video HD file agak kecil bisa jatuh ke Wondershare Filmora dan Catamsia, Untuk hasil lebih bagus lagi bisa pake Adobe Premiere atau Sony Vegas, tapi hasil render lumayan gedhe, video HD bisa 1 giga lebih untuk durasi 10 menit, maka recomend pilih Wondershare Filmora atau Catamsia, bajakan atau bukan bajakan tergantung kita yang pake koq mas, saya tanya Sistem Windows yang mas Ainn pake versi asli atau bajakan ? he he he ...


EmoticonEmoticon